Universitas Arizona

|

Universitas Arizona, atau biasa disingkat UA, adalah perguruan tinggi negeri di Amerika Serikat yang berada di kota Tucson, Arizona. Universitas ini merupakan perguruan tinggi tertua di negara bagian Arizona, didirikan pada tahun 1885 pada saat Arizona belum menjadi negara bagian penuh Amerika Serikat. Pada tahun 2005 tercatat 37.036 orang menjadi mahasiswa di lembaga ini.


Reputasi akademis dan riset

Program-program yang paling menonjol di UA adalah Ilmu Optik, Astronomi, Astrofisika, Ilmu Planet dan Ruang Angkasa, Hidrologi, Hidrogeologi, Ilmu Bahasa, Filsafat, Teknik, dan Antropologi.

UA tergolong sebagai universitas Carnegie Foundation "Doctoral/Research Universities—Extensive". Artinya, UA adalah perguruan tinggi yang melakukan riset tingkat doktoral yang luas.
UA menerima lebih dari AS$400 juta tiap tahunnya untuk pembiayaan riset. Jumlah ini adalah 75% dari total semua bantuan pembiayaan riset untuk para universitas di negara bagian Arizona. Jumlah ini tiga kali lebih besar daripada jumlah gabungan dana riset Arizona State University dan Northern Arizona University, dan merupakan jumlah terbesar ke-26 di Amerika Serikat bagi seluruh perguruan tinggi (swasta maupun negeri). Universitas ini pada tahun 2006 mendapatkan sumbangan dana sebesar AS$393,4 juta, sebagian besar untuk menyokong berbagai program riset.
UA menerima dana dari NASA (Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat) untuk program eksplorasi ruang angkasa lebih banyak daripada universitas manapun di dunia. Baru-baru ini, UA menerima dana sebesar AS$325 juta untuk memimpin program NASA di tahun 2007 mengenai misi ke Mars dan eksplorasi kutub utara Mars. Alhasil, UA menerima total dana bantuan tahunan dari NASA dan Jet Propulsion Laboratory (subdivisi NASA yang berfokus pada teknologi tenaga dorong jet) lebih besar daripada total dana bantuan yang diberikan NASA kepada sembilan universitas penerima bantuan lainnya.
Jumlah hasil karya Laboratorium Bulan dan Planet (Lunar & Planetary Laboratory) UA di dalam pesawat Cassini yang mengitari planet Saturnus lebih banyak daripada total hasil karya semua universitas lainnya yang turut di dalamnya. Laboratorium UA tersebut merancang dan mengoperasikan proyek investigasi dan pengambilan gambar radiasi atmosfer dalam program tersebut. UA mengoperasikan kamera HiRISE sebagai bagian dari program Mars Reconnaissance Orbiter.
Program Kewiraswastaan McGuire di Fakultas Management Eller merupakan program kewiraswastaan strata-1 nomor satu di Amerika Serikat, di atas program setara lainnya yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi papan atas (Ivy League schools). The Princeton Review and Entrepreneur Magazine yang memberikan penghargaan ini.
The National Scienec Foundation menempatkan UA sebagai penerima dana riset terbesar ke-16 di antara seluruh universitas negeri dan terbesar ke-26 di antara seluruh universitas baik negeri maupun swasta di Amerika Serikat.
Mahasiswa UA telah terpilih sebagai penerima berbagai beasiswa elit Amerika Serikat, seperti beasiswa Flinn, Truman, Rhodes, Goldwater, Fulbright dan National Merit. Menurut The Chronicle of Higher Education, UA adalah salah satu dari 25 institusi edukasi yang paling banyak menciptakan para penerima beasiswa bergengsi Fulbright.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Bogean Blog | Template Blue by TNB